Sabtu, 03 Juni 2017

Bab 9 : E-Commerce : Pasar Digital, Barang Digital

Fitur – fitur yang unik dari e-commerce, pasar digital, dan barang digital

    E-commerce berkenan dengan transaksi digital di antara berbagai organisasi dan perorangan. Terdapat tujuh kelebihan dari teknologi E-commerce: teknologi e-commerce ada dimana-mana, yang berarti teknologi ini tersedia di mana aja selama sebuah komputer dapat terhubung ke internet. Teknologi ini diterapkan secara gobal, memungkinkan transaksi komersial melewati batas negara dan budaya dengan jauh lebih nyaman dan dengan biaya yang lebih efektif daripada dalam kerangka perdagangan yang tradisional. Teknologi ini dioperasikan dengan standar universal yang digunakan oleh semua negara di dunia, sementara sebagian besar teknologi perdagangan yang tradisional berbeda dari satu negara ke negara lainnya.

  Teknologi ini menjadikan informasi lebih kaya, memungkinkan penjual online menyampaikan pesannya kepada audiens yang beraneka ragam dan memperkaya isi pesan pemasarannya dengan teks, video, dam audi, suatu cara yang tidak mungkin digunakan dalam teknologi perdagangan tradisional, seperti radio, televisi dan majalah.

 Teknologi e-commerce sifatnya interaktif , yang berarti memungkinkan komunikasi dua arah antara penjual dan pembeli dan memungkinkan penjual menghadapi pembeli seperti layaknya pengalaman tatap muka, tetapi jauh lebih banyak dan dalam skala global. Teknologi ini meningkatkan  kepadatan informasi.

  Internet telah menghasilkan pasar digital, dimana jutaan orang dapat saling bertukar informasi dalam jumlah yang besar secara langsung, cepat, dan gratis. Pasar digital dikatakan lebih transparan daripada pasar tradisional. Ketimpangan informasi menjadi berkurang. Pasar digital lebih fleksibel dan efisien, sehingga mengurangi biaya pencarian dan transaksi, biaya menu yang rendah, dan kemampuan untuk mengubah harga secara dinamis yang disesuaikan dengan kondisi pasar. Pasar digital menyediakan banyak kesempatan untuk menjual secara langsung ke pembeli. Tanpa harus melalui perantara seperti distributor.

            Barang digital adalah barang seperti musik, video, peranti lunak, majalah, yang dapat disampaikan melalui jaringan digital. Ketika sebuah barang digital dihasilkan, biaya untuk mengirimkan barang digital tersebut menjadi sangat rendah. Model-model bisnis yang didasarkan pada penyampaian barang digital menjadi tantangan bagi banyak toko buku, penerbit, dan studio film yang sangat bergantung pada pengiriman dari barang dalam konsep tradisional.

Mengapa E-Commerce berbeda

·       Ada di Mana-mana

Dalam konsep perdagangan internasional, pasar adalah sebuah tempat fisik, seperti toko eceran. E-Commerce ada dimana-mana, berarti e-commerce memang terdapat terdapat dimana dan kapan saja. E-Commerce memungkinkan kita berbelanja dari komputer pribadi, di rumah, ditempat kerja, dengan menggunakan mobile e-commerce.

·       Jangkauan Global

Teknologi E-Commerce memungkinkan transaksi komersial melintasi batas-batas budaya dan negara dengan kenyaman yang lebih tinggi dan biaya yang lebih efektif daripada dalam suatu sistem perdagangan yang tradisional. Akibatnya, ukuran pasar potensial untuk pedagang e-commerce secara kasar sama dengan ukuran populasi online dunia.

·       Standar universal

Satu kelebihan yang mencolok dari teknologi e-commerce adalah standar teknik dari internet dan, oleh karenanya, standar teknik untuk melakukan e-commerce merupakan standar universal. Standar ini digunakan oleh semua negara diseluruh negara di dunia dan memungkinkan setiap komputer terhubung dengan komputer lainnya terlepas dari platform teknologi masing-masing.
·       Kaya manfaat

Mereka dapat memberikan pelayanan pribad, bertatap muka dengan menggunakan indera pendengaran dan penglihatan ketika melakukan penjualan.

Teknologi internet mengubah proporsi dan model bsinis

   Internet secara radikal mengurangi pembuatan, pengiriman, dan penyimpanan informasi sementara membuat informasi tersebut semakin tersedia. Informasi tidak terbatas pada metode pengiriman fisik yang tradisional. Terlepasnya informasi dari saluran-saluran rantai nilai yang tradisional memberikan pengaruh yang cukup menggangu pada model bisnis yang lama, dan menghasilkan model bisnis baru.

  Beberapa saluran tradisional untuk mempertukarkan informasi barang telah menjadi tidak diperlukan atau tidak ekonomis lagi, dan model-model bisnis yang didasarkan pada penggandaan informasi produk dan layanan mungkin tidak lagi diperlukan. Internet dapat membantu perusahaan menciptkan dan mendapatkan keuntungan dengan cara-cara baru melalui menambahan nilai pada produk dan layanan yang ada, atau dengan menyediakan fondasi bagi produk dan layanan baru.

   Banyak model bisnis yang berbeda untuk e-commerce di internet telah bermunculan, termasuk toko virtual, perantara transaksi, ruang pasar internet, penyedia isi,penyedia layanan online, komunitas virtual, dan portal. Model-model bisnis yang memanfaatkan kemampuan internet untuk berkomunikasi, kemampuan menciptakan dan mengembangkan komunitas, dan mendistribusikan barang digital telah menjadi semakin populer.

Sistem Pembayaran E-commerce

  Sistem-sistem pembayaran elektronik yang mendasar untuk e-commerce adalah sistem pembayaran kartu kredit digital, dompet digital, sistem pembayaran digital dengan saldo terakumulasi, sistem pembayaran nilai tersimpan, uang tunai digital, sistem pembayaran rekan ke rekan, cek digital, dan sisttem pembayaran dan penyampaian tagihan elektronik. Sistem saldo yang terakumulasi, sistem nilai tersimpan, dan uang tunai bermanfaat untuk pembayaran mikro yang kecil.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bab 14 : Mengelola Sistem Global

Mengembangkan Arsitektur Sistem Informasi Internasional    Terdiri atas sistem informasi dasar yang dibutuhkan oleh organisasi dalam me...