Fitur – fitur yang
unik dari e-commerce, pasar digital, dan barang digital
E-commerce berkenan dengan transaksi digital di antara
berbagai organisasi dan perorangan. Terdapat tujuh kelebihan dari teknologi
E-commerce: teknologi e-commerce ada dimana-mana, yang berarti teknologi ini
tersedia di mana aja selama sebuah komputer dapat terhubung ke internet.
Teknologi ini diterapkan secara gobal, memungkinkan transaksi komersial
melewati batas negara dan budaya dengan jauh lebih nyaman dan dengan biaya yang
lebih efektif daripada dalam kerangka perdagangan yang tradisional. Teknologi ini
dioperasikan dengan standar universal yang digunakan oleh semua negara di
dunia, sementara sebagian besar teknologi perdagangan yang tradisional berbeda
dari satu negara ke negara lainnya.
Teknologi
ini menjadikan informasi lebih kaya, memungkinkan penjual online menyampaikan
pesannya kepada audiens yang beraneka ragam dan memperkaya isi pesan
pemasarannya dengan teks, video, dam audi, suatu cara yang tidak mungkin
digunakan dalam teknologi perdagangan tradisional, seperti radio, televisi dan
majalah.
Teknologi
e-commerce sifatnya interaktif , yang berarti memungkinkan komunikasi dua arah
antara penjual dan pembeli dan memungkinkan penjual menghadapi pembeli seperti
layaknya pengalaman tatap muka, tetapi jauh lebih banyak dan dalam skala
global. Teknologi ini meningkatkan
kepadatan informasi.
Internet
telah menghasilkan pasar digital, dimana jutaan orang dapat saling bertukar
informasi dalam jumlah yang besar secara langsung, cepat, dan gratis. Pasar
digital dikatakan lebih transparan daripada pasar tradisional. Ketimpangan
informasi menjadi berkurang. Pasar digital lebih fleksibel dan efisien,
sehingga mengurangi biaya pencarian dan transaksi, biaya menu yang rendah, dan
kemampuan untuk mengubah harga secara dinamis yang disesuaikan dengan kondisi
pasar. Pasar digital menyediakan banyak kesempatan untuk menjual secara
langsung ke pembeli. Tanpa harus melalui perantara seperti distributor.
Barang
digital adalah barang seperti musik, video, peranti lunak, majalah, yang dapat
disampaikan melalui jaringan digital. Ketika sebuah barang digital dihasilkan,
biaya untuk mengirimkan barang digital tersebut menjadi sangat rendah.
Model-model bisnis yang didasarkan pada penyampaian barang digital menjadi
tantangan bagi banyak toko buku, penerbit, dan studio film yang sangat
bergantung pada pengiriman dari barang dalam konsep tradisional.
Mengapa
E-Commerce berbeda
·
Ada di Mana-mana
Dalam konsep
perdagangan internasional, pasar adalah sebuah tempat fisik, seperti toko
eceran. E-Commerce ada dimana-mana, berarti e-commerce memang terdapat terdapat
dimana dan kapan saja. E-Commerce memungkinkan kita berbelanja dari komputer pribadi,
di rumah, ditempat kerja, dengan menggunakan mobile e-commerce.
·
Jangkauan Global
Teknologi E-Commerce
memungkinkan transaksi komersial melintasi batas-batas budaya dan negara dengan
kenyaman yang lebih tinggi dan biaya yang lebih efektif daripada dalam suatu
sistem perdagangan yang tradisional. Akibatnya, ukuran pasar potensial untuk
pedagang e-commerce secara kasar sama dengan ukuran populasi online dunia.
·
Standar universal
Satu kelebihan yang
mencolok dari teknologi e-commerce adalah standar teknik dari internet dan,
oleh karenanya, standar teknik untuk melakukan e-commerce merupakan standar
universal. Standar ini digunakan oleh semua negara diseluruh negara di dunia
dan memungkinkan setiap komputer terhubung dengan komputer lainnya terlepas
dari platform teknologi masing-masing.
·
Kaya manfaat
Mereka dapat memberikan
pelayanan pribad, bertatap muka dengan menggunakan indera pendengaran dan
penglihatan ketika melakukan penjualan.
Teknologi
internet mengubah proporsi dan model bsinis
Internet secara radikal mengurangi pembuatan,
pengiriman, dan penyimpanan informasi sementara membuat informasi tersebut
semakin tersedia. Informasi tidak terbatas pada metode pengiriman fisik yang
tradisional. Terlepasnya informasi dari saluran-saluran rantai nilai yang
tradisional memberikan pengaruh yang cukup menggangu pada model bisnis yang
lama, dan menghasilkan model bisnis baru.
Beberapa
saluran tradisional untuk mempertukarkan informasi barang telah menjadi tidak
diperlukan atau tidak ekonomis lagi, dan model-model bisnis yang didasarkan
pada penggandaan informasi produk dan layanan mungkin tidak lagi diperlukan.
Internet dapat membantu perusahaan menciptkan dan mendapatkan keuntungan dengan
cara-cara baru melalui menambahan nilai pada produk dan layanan yang ada, atau
dengan menyediakan fondasi bagi produk dan layanan baru.
Banyak
model bisnis yang berbeda untuk e-commerce di internet telah bermunculan,
termasuk toko virtual, perantara transaksi, ruang pasar internet, penyedia
isi,penyedia layanan online, komunitas virtual, dan portal. Model-model bisnis
yang memanfaatkan kemampuan internet untuk berkomunikasi, kemampuan menciptakan
dan mengembangkan komunitas, dan mendistribusikan barang digital telah menjadi
semakin populer.
Sistem
Pembayaran E-commerce
Sistem-sistem
pembayaran elektronik yang mendasar untuk e-commerce adalah sistem pembayaran
kartu kredit digital, dompet digital, sistem pembayaran digital dengan saldo
terakumulasi, sistem pembayaran nilai tersimpan, uang tunai digital, sistem
pembayaran rekan ke rekan, cek digital, dan sisttem pembayaran dan penyampaian
tagihan elektronik. Sistem saldo yang terakumulasi, sistem nilai tersimpan, dan
uang tunai bermanfaat untuk pembayaran mikro yang kecil.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar